Heboh 'Pesawat Hantu' di tengah hutan dalam Peta Goggle Maps, Ternyata Ini Fakta Sebenarnya

gambar google map yang disebut 'pesawat hantu'

Google Maps merupakan layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. 

Google Maps dapat menjawab segala pertanyaan Anda seputar arah dan lokasi, rute terbaik yang bisa dipilih untuk menuju suatu tempat, mengetahui kepadatan tingkat lalu lintas di sepanjang jalan yang akan dilewati atau untuk sekadar jalan-jalan virtual dan survey lokasi yang ingin Anda datangi saat liburan nanti.

Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum.

Dunia dihebohkan oleh Google Maps yang telah menampilkan penampakan pesawat yang terlihat jatuh, tetapi dalam kondisi utuh. Namun para ahli mengatakan gambar tersebut mungkin kesalahan software.

"Pesawat hantu" itu terlihat tergeletak di Cardwell Range di Australia, sekitar 250 km selatan Port Douglas di pantai Queensland.

Pesawat itu kemungkinan jet penumpang yang tampak seperti Airbus A320 atau Boeing 737, yang terbang di ketinggian sangat rendah sehingga memberikan kesan bahwa pesawat itu ada di darat.

Namun, Biro Keselamatan Transportasi Australia dilaporkan mengatakan tidak mengetahui adanya pesawat hilang yang membawa penumpang.

"Tampaknya ada fenomena yang disebut gambar hantu dan bisa jadi seperti itu," kata biro keamanan kepada Cairns Post, dikutip dari The Independent, Kamis (25/6/2022)

Fenomena tersebut tampaknya mirip dengan gambar hantu Google Maps 2016 yang menunjukkan sebuah jet penumpang "terendam" di Danau Harriet di Minneapolis.

Seperti dalam kasus terakhir, para pejabat tidak memiliki catatan kecelakaan pesawat di daerah itu atau ada bangkai kapal di danau.

Danau ini berjarak sekitar 8 km dari Bandara Minneapolis-St Paul dan berada di jalur penerbangan bandara.

Berbicara tentang insiden 2016 ini, juru bicara Google Maps mengatakan gambar itu kemungkinan besar dibuat dengan gambar danau yang diambil pada saat yang sama ketika sebuah pesawat terbang di atasnya, menyebabkan dua objek bergabung.

Ia menjelaskan, setiap citra satelit di Google Maps sebenarnya merupakan kompilasi dari beberapa citra.

"Objek yang bergerak cepat seperti pesawat sering kali hanya muncul di salah satu dari banyak gambar yang kami gunakan untuk area tertentu," kata juru bicara itu kepada The Minneapolis Star-Tribune.

Ketika ini terjadi, katanya, sisa-sisa samar dari objek yang bergerak cepat terkadang dapat terlihat.

0 Komentar